Penggunaan Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas I SDN 24 Kramat Jati

Penulis

  • Dr. Tina Mulyana, M.Pd. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Penulis

Kata Kunci:

Efektifitas metode pembelajaran menarik, meningkatkan membaca siswa

Abstrak

Perkembangan pemikiran manusia dalam memahami makna pendidikan terus mengalami perubahan seiring waktu. Pendidikan dipandang sebagai upaya sadar akan transmisi budaya generasi ke generasi berikutnya.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SDN 24 Kramat Jati, melalui penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Belajar merupakan proses individu dalam mengubah prilaku, baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai- nilai positif. Namun, tidak semua individu memiliki minat dan keseriusan dalam belajar, yang salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang monoton serta pengaruh lingkungan. Lingkungan belajar yang baik akan sangat mendukung prosses pembelajaran, sedangkan lingkungan yang kurang kondusif dapat menghambat minat belajar anak. 

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Terbitan

Bagian

Artikel